14 Cara Meningkatkan Trafik Blog Terkini


Ibarat sobat akan berperang, tentu sobat harus menguasai taktik perang. Demi tujuan, perang tersebut tidak sia-sia. Sobat tidak mau membuang-buang waktu, dan menyia-nyiakannya, bukan?

Perlu sobat ketahui, bahwa waktu itu real dan paten. Waktu itu terus berjalan tanpa dapat kembali dan terulang. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan tentang strategi meningkatkan trafik blog.

Apakah itu penting?

Apa yang saya dapat dari trafik tersebut? 
Tentu saja penting.

Untuk apa sobat susah payah menulis artikel kalau tidaklah penting, kan?
Bukankah yang membaca artikel tersebut adalah manusia, bukanlah robot? Mereka juga bisa berpikir, layaknya kita. Mereka juga ingin tahu lebih.

Semakin banyak pengunjung blog. Berarti semakin nyata, bahwa tulisan sobat bermanfaat, bukan? Kalau masalah yang di dapat, tergantung pribadi masing-masing orang.

Sekarang saya tanya.

Kenapa sobat membuat blog/website? 
Mendapat uang-kah? Belajar menulis-kah?

Sobatlah yang dapat menjawabnya. Keduanya dapat diraih, ketika blog sobat bermanfaat, dan juga ramai akan pengunjung.

Strategi dalam meningkatkan trafik blog:



1. Buatlah konten yang menarik dan berkualitas

Kualitas artikel adalah hal yang paling penting.

Bagaimana tidak?

Untuk apa para pengunjung datang dan mem-follow blog sobat, jika bukan karena tulisan sobat? Hanya sekedar melihat tampilan blog? Hanya untuk menghabiskan waktu dari pengunjung? 

Tentu saja tidak.

Inti dari kualitas artikel adalah bermanfaat.

Sobat dapat mencarikan jalan keluar, melalui artikel tersebut, untuk para pengunjung. Setelah mereka membaca artikel sobat, mereka benar-benar lega. Karena masalahnya telah teratasi, meskipun hanya membaca sebuah artikel dari sobat.

Seolah, setelah mereka membaca artikel dari sobat, para pembaca berpikir, mereka telah menemukan solusinya. Pembaca tidak perlu mencari, dan membaca artikel lain di luar blog sobat.

Perlu sobat ingat!
Disini sobat benar-benar berpikir, seolah sobat adalah pengunjung.




2. Format judul agar menarik


Ibarat sobat akan memancing, tentu, sobat harus memberi kail pancing tersebut dengan umpan. Buatlah umpan semenarik mungkin, sehingga mereka akan memakan umpan tersebut.

Tidak jauh beda dengan artikel. Sobat dapat membuat judul semenarik mungkin. Sehingga, pengunjung akan penasaran, dan akan meng-klik artikel tersebut. Ini adalah strategi yang efektif.

Perlu sobat ingat!
Jika judul sudah menarik, maka artikel sobat-pun harus berkualitas. Dengan maksud tujuan, agar pengunjung tidak kapok.

Bayangkan sobat sedang berjelajah di internet, dan sobat menemukan 2 judul tersebut:
1. Cara Mendapatkan Uang di Internet
2. 5 Langkah Pasti Mendapat $500 di Internet Dalam 7 Hari
(Anggap sobat adalah mereka, berpikir layaknya pengunjung)

Kalau sobat memilih yang kedua, berarti pemikiran sobat sama dengan 90% orang lainnya.
Ketika artikel di-publish, atau muncul di halaman Google. Yang terlihat hanyalah judul. Jadi, seseorang akan meng-klik atau tidak, tergantung judul.




3. Buatlah template yang nyaman


Pengunjungmu adalah tamumu. Tidakkah tamu adalah raja?

Ibarat rumah, sobat harus punya rumah yang bersih dan nyaman. Sobat dapat membuat template blog yang menarik, dan membuat pengunjung betah berlama-lama di blog sobat.

Kunci utamanya adalah pengunjung blog betah.

Sehingga, secara tidak langsung, suatu saat pengunjung akan datang lagi. Bahkan, akan mengajak teman-temannya. Semakin betah dan lama, pengunjung berada di blog sobat. Maka semakin baik pula blog sobat di mata mesin pencarian. Dia akan menganggap, blog sobat patut mendapatkan kepercayaan.



4. Pemasaran atau promosi

Jangan lupakan promosi!
Meskipun sobat mempunyai konten yang berkualitaspun, tanpa adanya promosi, ibarat sayur tanpa garam (hambar).

Bagaimana tidak?

Sobat sudah bersusah payah membuat artikel yang berkualitas. Namun, pengunjung tidak tahu, jika sobat membuat artikel tersebut. Promosi dapat menjadikan jaringan tambahan, dan mengenalkan bahwa blog sobat itu akan adanya.

Promosi sendiri saya bagi menjadi dua:

a. Gratis 
Sobat dapat melakukan promosi di sosial media secara gratis. Seperti Facebook dan Twitter. Tapi, perlu di ingat! Sobat harus melakukannya secara hati-hati.
Kenapa?
Facebook dan Twitter sendiri adalah jejaring sosial media terbesar di dunia. Mereka memiliki filter anti-spam yang ketat. Eh, bisa jadi sobat dikatakan spamming jika sobat tidak hati-hati.

Terdapat peraturan tentang promosi di sosial media. Sebaiknya, sobat membaca terlebih dahulu peraturannya. Terdapat cara-cara untuk melakukan promosi yang baik dan benar. Akan saya bahas di lain kesempatan.

b. Berbayar
Sobat dapat melakukan promosi dengan bantuan GoogleAds. Memang berbayar, tetapi cara ini sungguh efektif. Tulisan sobat akan muncul di halaman pertama Google. Bahkan paling awal. Dengan begitu, akan banyak orang yang meng-klik artikel sobat.




5. Aktif di forum yang relevan


Aktiflah di forum media sosial. Sobat dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan di forum tersebut. Sehingga tanpa disadari, mereka akan menganggap keberadaan sobat. Jangan langsung tanamkan link sobat, atau mereka akan berpikir, seolah sobat adalah pengganggu dan tukang promosi.

Buatlah mereka nyaman terlebih dahulu!
Dari forum, sobat bisa mendapatkan backlink langsung (meskipun no-follow). Sobat-pun dapat menjalin hubungan dengan anggota aktif.

Contoh forum:
1. Kaskus.com
2. Bersosial.com

Cara mencari forum:
⦁ Forum+ "topik"
⦁ Forum + "komunitas"




6. Menjadi penulis tamu di blog ternama


Jangan salah sangka dengan strategi yang satu ini!

Banyak para blogger senior meminta donasi artikel dari para blogger lainnya, karena berbagai macam alasan. Ada yang beralasan tidak sempat mengurus topik blog tersebut. Ada pula yang beralasan, karena ingin menambah artikel di dalam blognya.

Untuk sobat pemula seperti saya, sobat dapat mendonasikan artikel. Namun, dengan satu syarat, sobat tidak boleh copy-and-paste. Jadi, artikel yang sobat donasikan benar-benar tulisan sobat sendiri.

"Lantas apa yang saya dapat, Mas?" 

Sobat dapat meminta ke blogger tersebut, untuk menampilkan nama penulis asli dari artikel tersebut. Dan juga diberi link aktif. Sehingga, ketika ada pengunjung yang penasaran dengan tulisan tersebut, pengunjung dapat mampir di blog sobat.

Bayangkan kalau sobat menulis artikel, dan di-donasi-kan ke blog dengan pengunjung yang sudah banyak. Katakanlah 150ribu UV per hari. Pasti beberapa orang dari pengunjung akan pergi juga ke alamat blog sobat. Syukur-syukur, kalau pengunjung jadi suka pada blog sobat. Mereka juga akan mengikuti blog sobat. Lumayan, kan?



7. Hubungan yang baik dengan pengunjung/ramah


"Tak kenal, maka tak sayang".


Seperti itulah peribahasanya. Sobat tidak-hanya fokus mencari pengunjung baru. Pengunjung lama pun, meski harus dijaga. Agar tetap menjadi pengunjung yang loyal.

Salah satu caranya adalah membangun hubungan baik dengan para pengunjung. Tunjukkan keramahan sobat. Jika sobat ramah dan murah dengan pengunjung sobat, secara tidak langsung, sobat sedang membangun hubungan baik dengan para pengunjung sobat. Sehingga, ketika sobat sudah berhubungan baik, sobat dapat mempromosikan blog sobat dengan pengunjung. Bahkan, kepada para teman pengunjung sobat sekalipun.




8. Newsjacking-curi berita hot


Newsjacking artinya kita membuat konten berdasarkan berita yang sedang populer/tren. Juga ditambahkan dengan ide dan gagasan kita sendiri.

Jangan salah sangka!
Jangan jadikan blog sobat menjadi amburadul karena berbagai macam topik, dan terlalu banyak tren baru tanpa adanya filter. Sobat dapat mencari tren tersebut di Google Trends.

Perlu sobat ingat!
Jangan langsung mencerna tren tersebut. Tetapi, kaitkan tren tersebut dengan"topik" blog sobat.

Misalnya; Pada tahun 2015 sedang tren tentang Video Dubsmash, jika topik sobat adalah tentang fotografi. Maka sobat dapat membuat artikel "Cara Membuat Dubsmash Kualitas HD" .



9. Buat konten tentang kumpulan blog/orang sukses


Buatlah artikel tentang kumpulan orang sukses. Jadi, artikel tersebut hanya berisi orang-orang sukses dalam bidangnya. Misal, sobat membuat blog tentang fotografi. Maka, buatlah artikel tentang kumpulan fotografer sukses.


Contoh:
"10 Fotografer yang Mendapat Ribuan Dolar dari Internet" 
"7 Fotografer Sukses, Meskipun Freelance?" 

Selain memberi motivasi terhadap pengunjung. Trafik blog sobat juga dapat berkembang.



10. Bidik long tail keyword

Sobat sudah lama blogging, dan ternyata jumlah visitor stagnan?
Atau blog sobat tidak berada di halaman pertama Google?

Jika ya, bisa jadi sobat salah strategi.

Cobalah ubah strategi sobat, dengan membidik kata-kata kunci ber-ekor panjang (long tail keywords). Kemudian gunakan keyword tersebut, sebagai keyword utama pada bagian:
1. Tubuh artikel;
2. Judul;
3. Meta description.

Dengan menargetkan long tail keyword, peluang blog sobat masuk halaman pertama Google lebih besar.

Kenapa?

Karena LTK tidak dilirik atau disepelekan oleh blogger-blogger besar. Sehingga persaingannya rendah di halaman pertama Google.

Sobat bisa mendapatkan bantuan dari:
1.Google Keyword Planner;
2.Ubersuggest.org.



11. Revisi artikel blog


Selain menulis artikel, sobat juga meski kerap melakukan revisi terhadap artikel. Dengan maksud tujuan, artikel sobat menjadi artikel yang segar. Sehingga, bisa menjadikan artikel yang terpercaya.
Untuk pengunjung khususnya.

Mesin pencari, atau Google pun senang dengan artikel yang di-revisi. Karena artikel tersebut, selalu mengikuti perkembangan zaman. Jadi, setelah fokus sobat membuat artikel sudah selesai. Sobat dapat fokus ke revisi konten.




12. Loading page percepat


Pada tahun 2009, Google mengumumkan bahwa kecepatan loading-page merupakan salah satu faktor penting untuk menilai SEO suatu blog.

Tenang.

Saya punya solusi. Sobat dapat mengeceknya di:
1. Website Speed Test;
2. Pagespeed Insight;
3. Pingdom Website Speed Test.

Saya sudah sediakan 3 alternatif, agar sobat dapat meng-cek kecepatan blog. Lebih mantapnya lagi, sobat dapat melakukan evaluasi terhadap blog sobat kapanpun.



13. Buatlah link-asset

Orang-orang di sosial media lebih suka dengan artikel yang bergambar. Seolah, gambar memberikan beribu pendapat. Gambar juga memberi kesan, bahwa artikel tersebut terkesan santai. Namun, bukan berarti banyak gambar pula. Atau, bisa jadi page-load-nya malah lemot.

Gambar atau video digunakan untuk menambahkan aset. Sehingga, artikel sobat bisa dikatakan lebih terpercaya. Selain itu, orang-orang lebih suka dengan artikel berdasar sumber yang dapat dipercaya.




14. Buatlah komentar yang profesional


Kesalahan umum yang sering terjadi adalah dengan meninggalkan komentar, "Terima kasih, artikel Anda sangat membantu". Komentar tersebut cukup memuaskan bagi sang penulis, tetapi juga sering dianggap komentar basa-basi.

Komentar yang baik adalah komentar yang relevan. Dengan sedikit meninggalkan pertanyaan, atau bahkan memberikan penjelasan yang lebih luas dari sudut pandang pembaca.

Ini adalah langkah terakhir dari saya.

Sobat dapat menuliskan komentar yang baik, maksudnya apa?
Komentar sobat benar-benar masuk akal. Bukan pura-pura baik atau bahkan mengganggu pemiik blog. Komentar sobat selain baik untuk sobat, tentu memberikan solusi kepada pemilik blog, atau bahkan untuk pengujung yang lain. Sobat dapat balik bertanya. Sehingga, pemilik blog akan berpikir, seolah sobat membutuhkan bantuan dengan artikel blog tersebut.



Kesimpulan

Langkah-langkah tersebut dapat sobat terapkan, meskipun sedikit demi sedikit. Perlu diketahui, tidak ada langkah instan untuk menjadi sukses.

Semua sukses butuh proses.

Memang ada langkah yang cepat untuk meningkatkan trafik, yaitu menggunakan software-software peningkat trafik. Namun, saya tidak menganjurkannya. Karena semua langkah yang instan itu, tidak baik untuk kedepannya. Bisa jadi, lain waktu, blog sobat malah terkena banned. Bagaimana?


Semoga tulisan ini bermanfaat. Semoga sobat semua sukses!

2 comments

Ditunggu artikel-artikel selanjutnya,,,jangan cuma tanggal 03&18 doank donk :( sangat bermanfaat :)

Reply

Oh iya, Terima kasih. Untuk sementara saya jadwalkan tanggal 3 dan 8 mbak. Mengingat 1. Saya masih pemula, 2. Saya sedang belajar konsisten, dan 3. Saya menikmati proses dalam menulis artikel yang bermanfaat dan enak di baca. Hehe btw terima kasih atas masukannya.

Reply

Post a Comment