Ingin Menjadi Blogger Sukses? Jangan Melakukan 18 Kesalahan Ini!

www.flickr-computer.com

Blogger merupakan salah satu profesi yang membutuhkan kesabaran yang tinggi. Namun, banyak juga orang yang menekuni profesi ini. Salah satu alasannya adalah mendapatkan bayaran yang menarik, sesuai dengan yang di harapkan.

Banyak blogger sukses yang telah mendapatkan ribuan dolar dari ngeblog. Namun, banyak juga blogger yang gagal dalam ngeblog. Salah satu alasan blogger gagal dalam ngeblog adalah terlalu mensepelekan kesalahan-kesalahan kecil, padahal fatal.

Dibawah ini, akan saya bahas beberapa kesalahan yang kerap dilakukan oleh blogger pemula. Dengan begitu, dapat meminimalisir kesalahan yang mungkin saja akan sobat lakukan ketika ngeblog. Sehingga, suatu saat sobat dapat menjadi seorang blogger sukses, yang bisa mendapatkan ribuan dolar dari internet. Seperti halnya, blogger lain yang telah sukses lebih dahulu.

Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula, yang meski sobat jauhi:



1. Tidak mempunyai tujuan yang jelas

Jika sobat ingin menjadi blogger sukses, langkah awal adalah tentukan tujuan.

Kenapa?

Begini! Setiap kali terdapat seseorang yang mendengar kata blogger. Yang terdapat dalam benaknya adalah bekerja tanpa melakukan apapun, namun uang selalu datang. Salah besar!

Pandangan seperti ini, membuat kebanyakan dari para blogger pemula ikut-ikutan, tanpa tahu seluk-beluknya terlebih dahulu. Mereka tidak tahu, apa tujuan blogger senior tersebut. Apakah belajar menulis? Apakah mendapat uang? Ataukah berbagi ilmu pengetahuan?

Yang pada akhirnya, kebanyakan dari mereka hanya merasa bersemangat di awal-awal melakukan aktifitas blog. Tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, justru mereka malas untuk melakukannya. Salah satu alasannya, karena mereka tidak tahu apa tujuan mereka melakukan aktifitas blog.

Jadi, apabila sobat ingin menjadi seorang blogger sukses. Langkah awal adalah tentukan tujuan.



2. Tidak bisa mengatur waktu

Meski fokus sobat mebangun sebuah blog, bukan berarti mengharuskan sobat terlalu bersemangat dalam membaca dan menulis, juga hanya duduk didepan komputer.

Hakikatnya, manusia harus melakukan aktifitas yang seharusnya dilakukan manusia. Sebagai contoh, manusia perlu makan, minum, olahraga, bersosialisasi dan lain sebagainya. Yang meski sobat lakukan adalah dapat mengatur waktu.

Manakah waktu untuk ngeblog?;
Manakah waktu untuk olahraga?;
Manakah waktu untuk bersosial?.

Dengan begitu, sobat selalu dapat menikmati arus kehidupan. Berawal dari hal kecil, maupun hal besar. Sobat-pun dapat lebih terkesan konsisten, dan profesional.

Perlu sobat ketahui!

Semua orang sukses dapat mengatur waktunya dengan baik. Mereka akan menggunakan waktu dengan sangat hati-hati. Tidak jauh beda, jika sobat ingin menjadi blogger sukses.

Kuncinya adalah tetapkan jadwal keseharian sobat, dan jangan lari dari jadwal tersebut.

Mungkin sobat dapat membuat jadwal keseharian, misalnya;
⦁ 7 jam untuk istirahat;
⦁ 1 jam untuk olahraga;
⦁ 1 jam untuk mandi dan BAB;
⦁ 3 jam untuk membaca;
⦁ 2 jam untuk bersosial;
⦁ 8 jam untuk bekerja;
⦁ 2 jam untuk ngeblog;
Terserah dari rutinitas harian sobat.



3. Takut gagal

Tidak bisa dipungkiri, tidak ada orang yang menginginkan usahanya untuk gagal. Padahal, kegagalan adalah kunci utama dari kesuksesan.

Sobat tidak perlu mengikuti setiap langkah yang telah di ajarkan oleh para blogger senior. Yang perlu sobat lakukan adalah terobosan baru. Inovasi baru. Buatlah jati diri sobat sendiri! Tunjukkan bahwa sobat patut dan layak menjadi panutan blogger lain! Tidak hanya mereka.

Kuncinya adalah selalu kreatif melakukan terobosan baru.

Jadi, hal ini juga dapat memicu sifat kreatif dari pribadi sobat. Sobat akan menjadi manusia yang tidak bergantung pada orang lain.



4. Ambisius mendapatkan uang

Bertujuan ingin mendapat uang dari blog secara cepat adalah kesalahan fatal.

Kenapa?
Apakah salah?

Bagaimana mungkin sobat bisa mendapat uang, jika blog masih sepi akan pengunjung? Bukankah uang bisa didapatkan, ketika blog telah ramai akan pengunjung?

Tidaklah salah menentukan tujuan mendapat uang dari sebuah blog. Namun, bisa jadi hal tersebut menjadi bumerang bagi sobat yang ingin menjadi blogger sukses.

Perlu sobat ketahui!

Mendapat uang dari blog memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya adalah trafik blog yang banyak dan stagnan.

Kunci utamanya adalah kesabaran dan ketelatenan.

Buatlah trafik yang banyak, jika sobat ingin mendapatkan uang dari blog. Perlu juga; jalani, nikmati, dan syukuri!



5. Ngeblog tidak sesuai passion

Jangan sampai hal ini terjadi pada sobat!

Kenapa?

Bagaimana mungkin sobat dapat mengerjakan hal yang tidak disukai sobat? Sehingga membuat sobat merasa tertekan dan malas melakukannya. Yang pada akhirnya, hal tersebut tidak tercapai dengan hasil yang maksimal.

Perlu sobat ketahui!

Biasanya, ini dilakukan oleh blogger yang ingin mencari keuntungan semata. Karena topik tertentu dianggap lebih banyak dicari, dan banyak sponsor. Akhirnya, mereka membuat topik blog tersebut. Padahal, mereka tidak menyukainya.

Kalau sudah demikian, mereka merasa bahwa ngeblog menjadi sebuah kewajiban yang harus dikerjakan, meskipun terpaksa. Sudah bisa ditebak, mereka merasa jenuh ngeblog. Dan tidak akan pernah ngeblog. Jadi, mereka tidak akan pernah menjadi blogger sukses.



6. Tidak konsisten

Pada awal-awal pos, sebagian dari blogger pemula dapat melakukan pos hingga puluhan kali. Namun, bulan berikutnya, tidak pos sama sekali, atau mengalami penurunan.

Lebih baik melakukan pos secara konsisten. Setiap bulan sekali, ataukah dua kali dalam sebulan misalnya. Selain dapat melatih diri sobat untuk konsisten. Pengunjung juga akan menjadi lebih percaya.

Konsisten adalah kunci dari semua kesuksesan.

Menurut saya, ini yang paling sulit!

Kenapa?

Konsisten berurusan dengan pengaturan jadwal. Ketika jadwal sudah di buat, pada awal-awal bulan sobat akan merasa bersemangat. Namun, seiring berjalannya waktu, mungkin ada saja hal-hal yang membuat sobat menjadi lupa akan jadwal tersebut. Misalnya, kadang-kala ada saja teman yang mengajak main, kondangan-lah, mengaji-lah, atau bahkan hal yang mendesak. Seperti teman atau saudara yang terkena musibah. Tentu, sobat harus menjenguknya, yang berarti memakan waktu sobat.

Begitu juga, ketika terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, seperti halnya diatas. Yang perlu sobat lakukan adalah waspada.

Maksudnya?

Bersikaplah profesional! Lupakan sementara hal-hal yang tidak begitu diperlukan, seperti bermain, atau berkumpul bersama teman-teman.



7. Mementingkan kuantitas daripada kualitas

Para pembaca tidak peduli, seberapa banyak artikel yang terdapat dalam sebuah blog. Para pembaca lebih mementingkan seberapa manfaatkah artikel yang sobat tulis.

Kuncinya adalah memiliki sedikit postingan lebih baik, namun dapat membantu pembaca.

Bukankah semakin banyak postingan, maka semakin banyak pengunjung?

Benar.

Sobat akan memenangkan persaingan SEO. Namun, jika kualitas artikel tersebut tidak memadahi bagi pembaca, maka pembaca juga akan kapok datang ke blog sobat.



8. Artikel copy-and-paste

Jangan sekali-kali melakukan copy-and-paste.

Kenapa?

Pertama, membuat keterusan;
Kedua, membuat daya pikir menulis sobat mati (malas). Ketika sobat malas menulis, yang selalu terdapat dalam pikiran sobat adalah akan melakukan copy-and-paste;
Ketiga, copy-and-paste memang akan menambah jumlah pengunjung. Namun, hanya dalam jangka pendek.

Dalam jangka panjang, copy-and-paste juga tidaklah baik untuk blog sobat. Karena dengan adanya copy-and-paste, lama-kelamaan blog sobat akan dicap jelek oleh mesin pencari. Bisa jadi blog sobat akan terkena bannned. Padahal, blog sobat sudah mendapat penghasilan. Sangat disayangkan, bukan?



9. Menulis untuk mesin pencari

Perlu sobat ingat!

Pengunjung blog adalah manusia, bukanlah robot. Sama seperti kita. Mereka juga tahu, mana bacaan yang enak di baca, ataupun tidak. Mereka akan meninggalkan blog, jika bacaan tidaklah enak dibaca dan bermanfaat.

Jika sobat terlalu fokus terhadap mesin pencari, tanpa adanya artikel yang membantu dan bermanfaat bagi pembaca. Pikiran dari pembaca tidak akan pernah mengingat nama blog sobat. Artinya, mereka hanya akan datang sekali dan terakhir, hanya pada waktu itu saja.

Kuncinya adalah menulislah untuk pembaca.



10. Terlalu fokus terhadap tampilan blog (template)

Mempercantik tampilan blog memanglah sangat penting. Terutama bagi kenyamanan pembaca. Tampilan blog merupakan salah satu strategi meningkatkan trafik. Namun, perlu sobat ingat! Semua yang berlebihan itu tidak baik.

Kuncinya adalah template yang sederhana.

Cobalah tengok blog dari Lindaikeji, salah seorang blogger sukses yang telah mendapatkan ratusan ribu dolar dari blog. Blognya adalah lindaikeji.com. Perhatikan template-nya!

Template yang sederhana dan enak di pandang, akan membuat pengunjung blog betah berada pada blog tersebut. Selain itu, template yang sederhana akan mudah dimuat oleh mesin pencari.



11. Terlalu banyak widget

Memasang widget memang bukanlah sesuatu yang salah. Namun, jika sobat terlalu banyak memasang widget, justru akan membuat masalah.

Kenapa?

Semakin banyak widget yang terpasang pada template, artinya semakin berat blog dapat diakses. Jika semakin berat, maka optimasi seo on-page blog akan buruk. Entah, dimata para pengunjung ataupun mesin pencarian.

Berdasarkan survei KissMetric.com; 40% dari pengunjung blog akan mengabaikan blog, jika loading blog melebihi 3 detik. Artinya, pengunjung blog akan pergi dan meninggalkan blog sobat, jika loading terlalu lama. Mesin pencarian akan menenggelamkan blog sobat dalam pencarian, sehingga dapat mempengaruhi trafik blog.



12. Terlalu terobsesi pada halaman pertama mesin pencarian

Semua orang (termasuk saya), menginginkan agar blognya selalu berada pada halaman pertama mesin pencarian. Begitu juga dengan sobat, bukankah begitu?

Perlu sobat ketahui!

Mereka yang berada pada halaman pertama mesin pencarian adalah blogger yang telah lama berkecimpung di dunia blogging. Namun, kebanyakan dari blogger pemula salah mengartikannya.

Kebanyakan dari blogger pemula terlalu fokus, agar blognya terdapat pada halaman pertama mesin pencarian. Sehingga, mereka tidak terlalu memikirkan kualitas bacaan, yang enak dibaca ataupun bermanfaat bagi pembaca blog.

Karena terlalu terobsesi pada halaman pertama mesin pencarian. Mereka membaca semua trik-trik seo, memasang script-template, atau bahkan melakukan spam. Entah, melanggar mesin pencarian, ataupun tidak. Mereka tidak peduli! Dalam benaknya, yang terpenting adalah masuk halaman pertama mesin pencarian.

Sebenarnya, dengan mendaftarkan blog sobat ke Webmasster Tools, dan berbagi postingan-postingan ke dalam sosial media sudahlah sukup. Jika kualitas konten sobat layak berada pada halaman pertama, maka mesin pencarian pun akan menjadikannya nomer 1. Walaupun, semua itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Kuncinya adalah fokus pada kualitas konten dan sabar.



13. Terlalu banyak membaca tanpa praktek

Banyak membaca, berarti banyak pengetahuan.

Memang benar.

Semakin banyak membaca informasi akan bermanfaat bagi sobat dan orang lain. Jika orang lain bertanya, sobat dapat membaginya dengan menjawab pertanyaan tersebut. Namun, terlalu banyak membaca informasi juga akan membuat kebingungan.

Bingung informasi mana yang akan dipraktekkan, yang pada akhirnya tidak melakukan praktek sama sekali. Tanpa adanya praktek, membaca justru akan membuat sobat menjadi terlalu tinggi berkhayal. Bahwa keadaan itu tidaklah sama dengan opini bacaan.

Kuncinya adalah membaca yang di iringi dengan praktek.

Namun, jika sobat terlalu banyak membaca tanpa adanya titik melakukan sesuatu. Selamanya sobat tidak akan pernah maju. Lebih baik, maju secara perlahan, namun pasti dan sobat selalu menikmatinya. Daripada harus maju secara cepat, kemudian berhenti.



14. Terlalu banyak topik

Semakin banyak topik yang sobat kelola. Semakin banyak tanggung jawab yang meski sobat tanggung. Semakin banyak tanggung jawab, berarti semakin banyak waktu yang harus disediakan, juga semakin pusing sobat mengelolanya.

Apakah salah, membuat blog dengan banyak topik?

Tidak salah juga.
Hanya saja, blog tersebut akan sulit untuk berkembang. Karena tidak memiliki ciri khas tersendiri bagi pengunjung. Sehingga akan sulit untuk mendapatkan pembaca setia, yang akan berdampak pada trafik blog.

Blog yang hanya memiliki satu topik, bisa dikatakan lebih terpercaya. Daripada blog yang memiliki berbagai macam topik dalam satu blog. Pasalnya, blog yang hanya memiliki satu topik, akan lebih mendalami maksud dari topik tersebut.

Contoh:
Sobat membuat topik blog tentang fotografi. Didalam blog sobat, tentu akan mengulas habis tentang fotografi. Jadi, apabila pengunjung datang dengan maksud mempelajari fotografi. Ya, bisa dikatakan blog sobat dapat menjadi panutannya. Sehingga, pengunjung akan sering datang ke dalam blog sobat.

Kuncinya adalah fokus menyelesaikan topik blog.



15. Terlalu banyak membuat blog

Ketika sobat membuat sebuah blog, sobat berpikir, membuat blog lain akan membuat sobat menjadi blogger sukses.

Benar.

Boleh saja hal tersebut dilakukan, karena dapat meningkatkan, juga mengasah kembali kreatifitas yang telah dipelajari, agar tidak lupa.

Perlu sobat ketahui!

Jika sobat ingin memiliki blog yang bertahan lama dan populer, fokus mengelola satu blog terlebih dahulu adalah pilihan yang tepat.

Kenapa?

Sobat dapat sukses dengan blog yang lain, apabila sobat telah sukses pada satu blog tersebut. Para blogger sukses juga menerapkan hal yang sama. Mereka tidak mau membuat blog lain, jika blog tersebut belum sukses. Artinya, selesaikan salah satu hal, jika sudah, buatlah hal baru lainnya! 

Kuncinya adalah fokus menyelesaikan satu blog.



16. Terlalu mendewakan angka

Jangan terlalu mendewakan angka!

Maksudnya?

Biasanya, para blogger pemula akan sangat rajin meng-cek statistik blognya. Mulai dari pagerank, alexarank, dan jumlah pengunjung blog. Yang lebih mengkhawatirkan adalah hal ini sering dilakukan. Bahkan sampai puluhan kali dalam sehari.

Padahal, hal ini hanya membuang-buang waktu saja. Mereka lebih mementingkan melihat hasil, dengan selalu meng-cek-nya setiap hari. Dibanding harus membuat postingan yang berkualitas.

Mereka bisa saja kehilangan semangat dalam ngeblog, ketika angka-angka tersebut ternyata tidak membaik juga. Intinya, sobat perlu menganggap angka tersebut adalah sebuah nilai. Angka-angka tersebut bisa saja berubah-ubah, sesuai dengan yang di kerjakan sobat.

Ketika kualitas blog sobat baik, dan sobat dapat konsisten, lambat laun angka tersebut juga akan membaik. Begitu juga dengan sebaliknya. Statistik berguna untuk menyaring pengunjung loyal. Jadi, agar sobat dapat meng-klasifikasi-kan artikel selanjutnya yang akan sobat buat. Demi kebutuhan dan kenyamanan pengunjung.



17. Mengganti nama domain

Jika nama blog sobat diganti dengan nama domain baru, itu artinya blog sobat harus melakukan optimasi dari awal lagi. Tidak masalah, jika sobat mampu melakukan optimasi. Yang dapat membuang-buang waktu sobat.

Waktu yang seharusnya dapat digunakan untuk fokus menulis, eh sobat harus meluangkan untuk melakukan optimasi. Penggantian nama domain juga tidak berpengaruh terhadap blog baru. Namun, sangat berpengaruh bagi blog yang sudah mempunyai pengujung yang banyak.

Kuncinya adalah buatlah nama domain dalam jangka panjang, yang tidak pernah diganti.



18. Terlalu berpuas diri terhadap apa yang didapatkan

Jangan sombong!

Maksudnya?

Ketika blogger pemula telah sukses dengan sebuah blog. Mereka merasa bahwa dirinyalah yang terpandai. Mereka berpikir, mereka telah selesai dengan tugasnya. Padahal, sukses dalam sebuah blog, merupakan awal dari perjalanan seorang blogger sukses sejati.

Sehingga, mereka tidak akan mendengarkan kritik dan saran dari blogger lain. Dengan begitu, mereka tidak akan pernah maju. Dan hanya sampai pada batas tersebut.

Jangan sampai hal ini terjadi pada sobat!

Kuncinya adalah merasa bodoh, dan tetap semangat mencari ilmu. Juga, bersikaplah ramah terhadap semua pengunjung.



Kesimpulan

Setelah sobat semua tahu, akan kesalahan yang kerap dilakukan sebagian blogger pemula. Sehingga sobat tidak akan melakukan kesalahan yang sama. Menjadi seorang blogger tidaklah semudah seperti cerita kebanyakan yang ada. Semua membutuhkan proses dan perjuangan. Bahkan membutuhkan waktu yang relatif lama.

Saran saya; jika sobat benar-benar ingin menjadi blogger sukses. Lakukanlah dengan senang dan tanpa adanya paksaan. Tetap semangat! Karena sukses merupakan cerminan dari sebuah perjuangan.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Semoga sobat semua sukses!

2 comments

Wow,,,,Hebat...artikel yang sangat menggugah,, jadi bersemangat dan berapi-api setelah membaca jurus-jurus yang kamu tulis.... thanks a lot...

Reply

Terima kasih, komentarnya sangat menyanjung hati. Kalau semangat, harus di tingkatkan itu mbak hehe

Reply

Post a Comment