Bingung Memilih Blogger.com, WordPress.com, dan WordPress.org?

Salah satu hal awal yang membuat bingung blogger pemula adalah memilih layanan blogging yang akan digunakan. Ini merupakan hal yang wajar. Banyak dari senior-senior, menganjurkan untuk menggunakan yang ini dan itu. Hal ini justru membuat bingung para blogger pemula. 

Oleh karena itu, saya menulis artikel ini berdasarkan cara pandang saya sebagai blogger pemula. Tapi, jika ditanya mana yang paling bagus? -Menurut saya- lebih pada tujuan kita membuat blog tersebut. Semisal, saya sendiri mempunyai tujuan membuat blog sebagai media pembelajaran saya dalam menulis. Maka, saya menggunakan Blogger.com dan WordPress.com. Sebab, disini lebih mudah dan gratis. 




 A. Blogger.com atau Blogspot.com 


Merupakan sebuah layanan publikasi blogging gratis yang dikelola oleh Google. Blogger.com sendiri merupakan platform publikasi pertama di dunia. Blogger.com dibuat oleh Pyra Labs pada tahun 1998, dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. 



Kelebihan Blogger.com: 

1. Gratis 
Kelebihan yang pertama adalah gratis. Jadi, sobat tidak perlu mengeluarkan biaya, jika sobat ingin membuat blog. Sobat dapat belajar, memperdalam ilmu blogging seiring berjalannya waktu. 

2. Pengoperasian Mudah digunakan 
Di Blogger.com memang sangat mudah digunakan. Sobat tidak perlu mengerti lebih dalam tentang bahasa pemrogaman. Sehingga sangat mudah digunakan untuk blogger pemula. Disini sobat bisa menggunakannya sebagai media belajar. 

3. Tersedia Template Gratis 
Di Blogger.com sendiri, telah tersedia template gratis. Jadi, sobat tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli template. Blogger.com telah menyediakan template yang SEO friendly, simple, ataupun yang berbentuk magazine. 

4. Bisa Membuat Banyak Blog (multi user
Dalam satu akun Google, sobat dapat membuat topik blog hingga 100 blog. Hal ini sangat bermanfaat, jika sobat ingin membuat berbagai macam blog dalam satu akun. Jadi, sobat dapat mengklasifikasikan blog sesuai dengan tema blog masing-masing. 

5. Sangat Aman 
Selama sobat tidak memberikan kata sandi kepada orang lain. Google menjamin keamanan blog di Blogger.com. Google sendiri adalah raksasa besar perusahaan pada tekhnologi, yang berisi pemahaman banyak tentang pemrogaman. Namun bukan berarti tidak ada celah dalam Google. 

6. Fitur Lumayan Lengkap 
Di dalam Blogger.com sobat akan mendapat fitur yang cukup lengkap, untuk sebuah platform gratisan. 

7. Media Penyimpanan Besar 
Blogger.com sendiri memberikan batasan penyimpanan yang cukup besar. Blogger.com memberikan penyimpanan sebanyak 15Gb secara cuma-cuma atau bisa dikatakan gratis. Jadi, sobat dapat menyimpan data yang lebih banyak tanpa harus membayar. 

8. Terintegrasi oleh Google+ dan Google Adsense 
Dengan terintegrasi oleh Google+, sehingga sobat dapat bergabung dalam komunitas blogger. Dengan menjadi anggota komunitas, sobat dapat berperan sebagai kontributor. Dengan adanya Google Adsense, sobat dapat bekerja sama dengannya. Sebagai media periklanan. 

9. Dijamin Jarang Down 
Karena platform Blogger.com ini dikelola oleh Google. Dengan begitu, kemungkinan server down menjadi terminimalisir. Google sendiri selalu mengembangkan plugin mereka yang dapat membuat server menjadi down. 

10. Dapat Menghasilkan Uang 
Salah satu cara sobat mendapat uang dengan Blogger.com adalah sobat dapat bekerja sama dengan Google Adsense. Dengan begitu, blog sobat dapat menghasilkan uang. 

11. Dapat Custom Domain (Domain Harus Beli Sendiri) Setelah sobat merasa nyaman dengan Blogger.com. Sobat dapat mengganti nama domain sobat sendiri. Misalnya; namablog.blogspot.com menjadi, namablog.com. 



Kekurangan Blogger.com: 

1. Ada Iklan 
Di Blogger.com sobat akan menemui iklan. Iklan tersebut akan sangat mengganggu ketika sobat sedang fokus dalam menulis. Mungkin ini yang menjadikan pemasukan untuk pemilik platform. 

2. Keterbatasan Ukuran Fitur 
Meskipun Blogger.com memberikan media penyimpanan yang cukup banyak, secara gratis. Namun Blogger.com memberikan batasan pada fitur mereka. Setiap 1 halaman, dibatasi hanya dapat berukuran 1 Mb. Jadi, sobat tidak bisa membuat 1 halaman yang berisi banyak gambar. 

3. Tidak Memiliki Akses Penuh terhadap Blog yang Dikelola 
Meskipun blog tersebut sobat sendiri yang buat, namun pihak ketiga atau Google terus memantau pergerakan sobat. Sehingga, sobat tidak bisa leluasa mengatur blog yang sobat sendiri kelola. 

4. Kurang Professional 
Blog dapat dihapus oleh pihak Blogger.com tanpa pemberitahuan, dan tanpa alasan yang jelas. Sudah banyak pengalaman para blogger professional yang mengeluhkan akan hal ini. 

5. Harus Patuh Terhadap Peraturan yang Ada 
Blog sobat sendiri adalah nitip di Blogger.com. Sehingga, sobat harus mentaati peraturan yang ada di Blogger.com. Agar blog sobat tetap aman, dan tidak terkena sanksi. 

6. Tidak Dapat Terintegrasi Oleh Plugin dari wordPress 
Artinya, Blogger.com hanya terintegrasi dengan plugin yang ada di Google. 

7. Tampilan Jadul 
Di Blogger.com, tampilan dasar dari dahulu sampai sekarang hampir sama. Sehingga tampilan dasar Blogger.com seperti sudah ketinggalan jaman. 


B. WordPress.com 

WordPress.com adalah layanan ngeblog gratis, sama seperti Blogger.com. WordPress di dirikan oleh perusahaan Automattic. Nama WordPress sendiri diusulkan oleh Christine Selleck.
WordPress muncul pertama kali pada tahun 2003. Yang dibuat oleh Matt Mullenweg dan Mike Little



Kelebihan WordPress.com: 

1. Gratis 
Sama halnya seperti Blogger.com. Pada WordPress.com, sobat tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membuat akun WordPress.com. 

2. Pengoperasian Mudah Digunakan 
Pada WordPress.com sobat tidak perlu binggung menggunakannya. Karena WordPress akan membantu sobat jika terdapat masalah. Ini adalah bentuk pelayanan dari pihak ketiga. 

3. Tersedia Template Gratis 
WordPress.com sudah memberikan template gratis kepada penggunanya. Namun, template tersebut tidak dapat di custom sendiri. 

4. Bisa Membuat Banyak Blog (multi user
Sobat dapat membuat blog hingga 100 blog. Jadi sobat tidak perlu khawatir jika ingin mengepakkan sayap di dunia blogging. Meskipun, hanya dengan blog gratisan. 

5. Sangat Aman 
Sobat tidak perlu khawatir dengan masalah keamanan. WordPress sendiri mengatakan, mereka akan selalu menjaga privasi keamanan bagi para penggunanya. Sehingga, membuat penggunanya selalu nyaman. 

6. Tampilan Dasar Tidak Jadul 
Tampilan dasar pada WordPress.com, lebih fleksibel dan elegan. 

7. Dapat Menghasilkan Uang 
Sebenarnya di WordPress.com sobat dapat menghasilkan uang. Namun dengan jalur berbeda. Jika di Blogger.com terdapat Google Adsense, di WordPress.com terdapat WordAds. 

8. Terintegrasi Beberapa Plugin Populer WordPress 
Jika blog sobat sudah cukup populer, sobat dapat memasang WordAds (sejenis AdSense, milik WordPress). Yang berarti, sobat dapat menghasilkan uang dari WordAds. 

9. Dijamin Jarang Down WordPress sendiri selalu melakukan pengembangan. Sehingga platform mereka jarang down. 

10. Dapat Melakukan Custom Domain(Bayar $18/Tahun) 
Sama seperti pada Blogger.com. Sobat dapat mengganti nama domain sobat. Namun, disini sobat dapat menggantinya menggunakan WordPress. 

11. Pemindahan Data 
Jika sebelumnya sobat memiliki blog tidak berbayar, seperti Blogger.com. Sobat dapat melakukan pengimporan data ke software WordPress. Dengan begitu, sobat tidak perlu khawatir isi blog yang lama akan menjadi sia-sia. 



Kekurangan WordPress.com: 

1. Terdapat Iklan 
Secara otomatis, blog yang sobat buat dengan platform WordPress.com, didalamnya akan terdapat iklan default. Iklan ini bersumber dari WordPress. 

2. Keterbatasan Ukuran Fitur 
Di WordPress.com fitur-fiturnya sangat terbatas. Jadi sobat tidak bisa leluasa menggunakan fitur-fitur. Kalaupun sobat membutuhkannya, sobat harus rela membayar. 

3. Tidak Memiliki Akses Penuh terhadap Blog yang Dikelola 
Sebagai tuan rumah, WordPress selalu mengawasi pergerakan sobat. Agar sobat tidak membuat pelanggaran pada peraturan yang ada di WordPress.com. 

4. Media Penyimpanan Terbatas 
Dalam WordPress.com, pihak ketiga hanya menyediakan penyimpanan sebanyak 3Gb. Sobat dapat menambahnya jika sobat benar-benar membutuhkan. Namun, sobat harus rela membayar. 

5. Harus Patuh Terhadap Peraturan yang Ada 
Sebagai pemilik platform, WordPress memiliki aturan bagi para penggunanya. Namun sebagai pengguna yang baik, sobat harus mengikuti aturan yang ada dalam WordPress.com. 

6. Tidak Dapat Terintegrasi oleh Google+ dan Google Adsense 
WordPress.com tidak dapat terintegrasi oleh Google+ dan Google Adsense. Namun, sobat dapat terintegrasi oleh WordAds. 




C. WordPress.org 
Jika dilihat secara sekilas, WordPress.com dan WordPress.org terlihat sama. Memang namanya hampir sama, namun tujuannya berbeda. 

WordPress.com adalah suatu tempat dimana kita dapat membuat blog secara gratis, tanpa perlu menyewa hosting dan domain. 
Sedangkan, WordPress.org adalah suatu tempat dimana kita dapat mendownload aplikasi WordPress yang dapat kita pasang di hosting dan domain sendiri. Aplikasi WordPress ini tidak hanya digunakan untuk membuat blog saja, melainkan dapat kita gunakan untuk membuat website seperti pada umumnya. 

Wordpress.org biasa digunakan oleh para senior atau master blogger untuk membuat website atau blog mereka. 



Kelebihan WordPress.org: 

1. Bebas Aturan 
Ibarat rumah sendiri, kita bebas melakukan apa saja disini. Kita sendiri yang dapat membuat aturan. 

2. Fitur Sangat Lengkap 
Karena sifatnya open source, kita dapat modifikasi semua fiturnya. 

3. Dapat Menggunakan Template Gratis dan Berbayar Di WordPress.org self hosted, kita dapat menambahkan fitur-fitur ekstra dengan bantuan plugin. Ada ratusan ribu plugin yang dapat kita manfaatkan secara gratis. 

4. Dapat Menggunakan Plugin Blogger.com dan WordPress.com 
Disini, kita dapat dengan bebas menggunakan plugin dari Blogger.com dan WordPress.com. 

5. Akses Penuh 
Seperti halnya bebas aturan, kita juga dapat lebih leluasa mengurus blog kita tanpa campur tangan pihak ketiga. Pada WordPress Self Hosting, kita dapat membuat blog tersebut menjadi bernilai harga jual. 

6. Media Penyimpanan Tidak Terbatas 
Kita bisa mendapatkan penyimpanan yang tidak terbatas, namun kita harus rela mengeluarkan uang untuk hal ini. 

7. Dapat Menghasilkan Uang 
Wordpress.org tidak ada masalah karena tidak ada yang mengatur, kita dapat menggunakan AdSense atau advertising network manapun. 

8. Tampilan Dasar Tidak Jadul 
Tampilan dari WordPress.org sangat fleksibel. 

9. Professional 
Sebenarnya professioal atau tidaknya suatu blog, itu tergantung seseorang yang mengurusiya. Namun apabila kita menggunakan WordPress.org, kita akan terlihat lebih professional sebagai seorang blogger. 

10. Pemindahan Data 
Jika sebelumnya kita memiliki blog tidak berbayar, seperti Blogger.com dan WordPress.com. Kita dapat melakukan pengimporan data ke WordPress.org. Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir, jika isi blog yang lama akan menjadi sia-sia. 



Kekurangan WordPress.org: 

1. Pengoperasian Agak Sulit 
Membutuhkan pengalaman dan kreatifitas untuk menjalankannya. Kita harus memiliki keahlian me-modifikasi kode template WordPress. Jika kita tidak tahu banyak tenttang bahasa pemrogaman, tentu ini akan sedikit merepotkan. Setidaknya kita harus mengetahui bahasa pemrogaman, seperti; HTML, CSS, javasript, dan PHP. 

2. Keamanan Tidak Ada yang Menanggung 
Intinya kita harus bersiap, dan sedikitnya tahu tentang bahasa pemrogaman. Bahkan jika suatu saat, website atau blog kita yang menggunakan WordPress.org terkena masalah. Maka sedikit-sedikit kita harus mengerti bahasa pemrogaman. Untuk mencegah dari hal-hal yang tidak di-ingin-kan. 

3. Tidak Gratis atau Berbayar 
Kita membutuhkan modal awal untuk membayar hosting dan domain. Biaya hosting dan domain sekitar Rp. 350.000 - Rp. 400.000 per tahun. Tergantung layanan dari hosting dan domain mana. 



Kesimpulan: 

Setelah sobat semua tahu lebih mendalam tentang ketiganya, setidaknya sobat dapat memutuskan mana yang dapat sobat gunakan. Sobat dapat menggunakan platform sesuai kebutuhan sobat. 

Saran saya, jika sobat adalah pemula seperti saya. Sebaiknya sobat belajar sedikit demi sedikit. Sebab, proses belajar yang baik adalah step by step.

Semoga tulisan ini membantu. Semoga sobat semua sukses!

2 comments

Oh?? Saya baru tahu yang beginian. Kalau bikinnya di Wordpress, apa artinya kita tidak bisa mendaftar google adsense? Iya benar, di Wordpress template nya lebih terlihat modern, tapi saya suka blogger karena lebih simple. Terima kasih tulisannya...

Reply

Iya, setahu saya tidak bisa mbak. Tapi, untuk WordPress.com sendiri memiliki publisher yaitu WordAds. Untuk tampilannya pun lebih menarik di WordPress.com tapi simple di Blogger.com hehe. Terima kasih juga telah komentar hehe

Reply

Post a Comment