8 Manfaat Menggunakan Google Analytics

www.Flickr.com


Google Analytics adalah sebuah alat buatan Google yang bertujuan untuk melakukan pengukuran kinerja dari sebuah website atau blog. Sebenarnya banyak alat yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja blog seperti Woopra, ClickTale, dan lain sebagainya.

Saat ini kita hanya akan membahas mengenai Google Analytics karena selain gratis biaya, alat ini paling umum digunakan oleh banyak pengguna internet, juga adanya kemudahan integrasi dengan Google AdWords dan support dari Google sendiri. Sangat penting untuk mengukur dari hari pertama agar sobat tidak kehilangan data dari pengunjung blog.

1. Mengetahui karakteristik pengunjung

Setiap pengunjung memiliki ciri khas yang berbeda. Dengan begitu, kita tidak mengetahui seperti apa keinginan dari pengunjung. Blog saat ini sudah mengarah kepada orientasi konten lokal, yang berarti kita harus mengetahui seperti apa karakteristik demografi penduduk yang berkunjung ke blog kita.

Dengan Google analytics, kita dapat mengetahui beberapa karakteristik pengunjung seperti:
⦁ Bahasa yang digunakan
⦁ Lokasi dari pengunjung
⦁ Perilaku(behaviour) dari pengunjung
⦁ Penggunaan web browser
⦁ Penggunaan perangkat mobile


2. Mengetahui konten yang menarik

Aspek ini paling penting mengingat dalam sebuah blog konten merupakan aspek utama. Dengan begitu, kita akan mengetahui konten seperti apa yang mempunyai interaksi tinggi seperti view, comment, social share dan lainnya. Maka, kita dapat membuat sebuah inisiatif berdasarkan konten yang dibutuhkan oleh pengunjung blog.

Untuk sebuah blog, selain pengunjung dapat melihat halaman mana saja yang paling banyak dilihat, kita juga dapat mengetahui apakah pengunjung juga melihat halaman seperti 'kontak' atau 'tentang' yang dapat memberi arahan bahwa pengunjung ingin mengetahui lebih dalam siapa kita.


3. Mengetahui sumber trafik

Semua blog pasti menginginkan trafik yang tinggi sertiap bulannya. Karena dengan semakin tinggi trafik pada sebuah blog, semakin publisher iklan lebih mantap untuk memasang iklan pada blog tersebut. Yang berarti akan berpengaruh terhadap pendapatan sebuah blog.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk melihat dari mana saja trafik kita datang. Berikut beberapa sumber trafik.

a. Pencarian (search)
Merupakan trafik yang datang dari pencarian di mesin pencari seperti Google, Bing, maupun Yahoo. Kategori trafik dapat dibagi menjadi 'oragnik' yang merupakan hasil pencarian murni (tidak berbayar) dan 'paid'(berbayar) yang merupakan hasil dari pemasangan iklan seperti di Google AdWords.

b. Papan iklan
Merupakan trafik yang datang dari iklan berbentuk spanduk di situs-situs lain (contohnya spanduk di Kaskus.com atau Kompas.com).

c. Kampanye (Campaign)
Merupakan trafik yang datang dari kampanye pada Google AdWords.

d. Terarah
Merupakan trafik yang datang dengan menuliskan URL blog kita secara langsung di browser. Tetapi banyak praktisi juga melihat bahwa trafik pada kategori ini merupakan trafik yang tidak diketahui sumbernya, sehingga kategori ini harus diminimalis.


4. Menampilkan pengunjung dari media sosial

Media sosial sudah menjadi sebuah kewajiban sebagai ujung tombak dalam promosi. Tetapi pertanyaan yang sering ditanyakan adalah, "apakah media sosial benar-benar membawa efek kepada jumlah pengunjung?".

Saat ini Google Analytic dapat melihat jumlah trafik ke blog kita yang dihasilkan oleh masing-masing media sosial, seperti: Facebook, Twitter, Pinterest, dan lainnya. Google Analytic juga dapat melihat halaman mana saja yang paling banyak dikunjungi dari media sosial beserta aliran trafiknya.


5. Mendapat pemahaman SEO

Selain untuk mengukur pendapatan yang berbayar seperti iklan spanduk, kita juga bisa mendapatkan hal berharga berupa pemahaman SEO (Search Engine Optimization). Kita dapat melihat kata kunci yang membawa trafik ke blog secara organik maupun berbayar (Gooogle AdWords).

Kata kunci Google AdWords yang mempunyai performa tinggi dapat kita masukkan sebagai fokus kata kunci SEO. Keuntungannya adalah kata kunci tersebut telah teruji dan terpapar ke pengunjung; dan kita dapat memilah kata kunci yang menghasilkan trafik tinggi.


6. Mengetahui ketepatan penggunaan iklan

Sebagai seorang blogger, sudah seyogianya kita mempunyai inisiatif untuk mendapat penghasilan dari blog yang kita kelola, dan pasti kita ingin mengukur apakah kampanye yang memakan biaya tidak sedikit tersebut berhasil atau tidak.

Hal ini dapat diketahui melalui Google Analytics, terutama agar kita dapat melihat penempatan iklan kita yang paling banyak membawa trafik, sehingga kita dapat membuat penempatan iklan tersebut di masa yang akan datang. Sebaliknya, kita juga akan melihat iklan mana yang tidak menghasilkan, sehingga kita dapat menghindari pemasangan iklan tersebut.


7. Memperoleh informasi mengenai kata kunci yang sering digunakan

Informasi ini untuk menentukan kata kunci di blog kita. Pengunjung blog akan menuliskan kata kunci dalam sebuah browser yang dapat kita gunakan sebagai acuan untuk membuat kata kunci konten.

Begitu juga, ini digunakan untuk melihat apakah kata kunci yang selama ini kita gunakan sudah optimal atau belum.


8. Pengukuran ketepatan tujuan

Hal paling penting untuk diukur di Google Analytics adalah ketepatan tujuan. Penetapan tujuan dapat dilakukan dengan beberapa cara yang cukup mudah di bagian admin GA. Tujuan dapat berupa apapun di mana yang paling umum adalah jumlah social share (Facebook dan Twitter), email subscription dan pembelian produk.


Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat kita ambil dari penggunaan Google Analytics. Jadi, sudahkah sobat memasang Google Analytics?

1 comments:

masih belum bisa jalan Gogle Analityc nya, namun Consol nya normal. Bagaimana Solusi ?

Reply

Post a Comment