14 Manfaat Ngeblog Untuk Manusia


www.flickr.com

Di dalam kehidupan kita yang sudah serba modern seperti ini. Sobat semua mungkin sudah tahu apa itu blog, fungsi dari blog, dan manfaat dari blog. Atau bahkan, sobat mungkin belum tahu. Karena memang selama ini, sobat tidak mencari tahu.

Blog adalah suatu aplikasi yang memuat tulisan atau gambar dengan menggunakan jaringan internet pada web depan atau laman web. Fungsi blog pada dasarnya adalah sebagai media curhatan seseorang, juga menyalurkan ide dalam sebuah web. Seiring perkembangan zaman, fungsi blog menjadi media untuk mendapatkan uang atau bahkan menjadi sumber pekerjaan bagi orang-orang tertentu.

Lantas, apa yang saya dapat dari ngeblog?

Banyak hal positif yang bisa sobat dapatkan dari ngeblog. Berikut akan saya jelaskan manfaatnya.

1. Menuangkan ide kreasi

Manfaat yang pertama adalah menuangkan ide dan kreasi. Bagi sobat yang memiliki ide-ide cemerlang, sobat dapat menuangkannya di dalam blog. Yang kemudian, dapat dilihat dan dibaca semua orang sebagai bahan belajar bagi orang lain tentunya. Sehingga, semua ide yang ada dalam pikiran sobat dapat bermanfaat bagi orang lain. Atau bisa dikatakan, tidak terbuang sia-sia.



2. Media sosialisasi dan komunikasi

Manusia adalah makhluk sosial. Yang berarti, manusia tidak dapat hidup sendiri.
Meskipun blog adalah media online atau di dalam dunia maya, sobat dapat menjadikannya media untuk menambah pergaulan. Dengan bertambahnya pergaulan akan menambah wawasan terhadap semua orang. Begitu juga, sobat dapat berbagi dengan sesama blogger melaui komentar dan dapat berbagi pengetahuan.



3. Sarana promosi

Sobat dapat mempromosikan produk atau jasa yang sobat punya. Kalaupun, sobat tidak mempunyai produk atau jasa yang dapat dipromosikan, sobat dapat mempromosikan milik orang lain. Jadi, orang lain mendapat manfaat dari sobat. Entah, itu orang yang membeli atau orang yang produknya di promosikan oleh sobat.



4. Menumbuhkan minat baca

Membaca adalah membuka jendela dunia. Dengan ngeblog, orang akan penasaran dan akhirnya akan tetap membaca dan mencintai membaca. Sungguh, berbagai manfaat dari membaca dapat sobat rasakan di kemudian hari. Sobat akan selalu berpikir, sobat adalah orang terbodoh di dunia. Karena, semakin seseorang tahu banyak, ia akan menganggap dirinya tidak bisa apa-apa. Ibarat pepatah,"padi semakin berisi, akan semakin menunduk".



5. Melatih keterampilan menulis

Setelah minat membaca sobat tumbuh, maka secara otomatis sobat akan belajar menulis. Dengan belajar menulis, keterampilan menulis sobat akan tumbuh. Sehingga, seiring berjalannya waktu, sobat dapat menulis sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Bukankah ilmu yang bermanfaat itu lebih baik?



6. Menambah wawasan

Blog menjadi media online yang berisi tulisan dan gambar. Secara otomatis, seseorang yang telah membaca blog akan mendapat wawasan baru. Hakikatnya, manusia meski harus belajar sampai mati. Meskipun, belajar dari pengalaman orang lain. Bukankah begitu?



7. Membuat peluang bisnis

Setelah wawasan sobat cukup banyak, sobat dapat menerapkannya di kehidupan sobat. Ini bisa menjadi peluang bisnis baru sobat. Bahkan yang tidak pernah terpikirkan oleh orang-orang di lingkungan sobat. Karena mereka menganggap ngeblog adalah hal kecil dan membuang-buang waktu. Padahal, semua hal besar berasal dari hal kecil.



8. Meningkatkan keahlian dan profesionalitas

Ketika sobat ngeblog, sobat harus bisa membagi waktu. Manakah waktu untuk belajar, bekerja, atau bahkan bermain bersama teman. Ketika sobat dapat membagi waktu tersebut, berarti sobat mulai belajar menjadi seorang yang profesional. Karena, seorang yang profesional akan selalu menggunakan waktunya secara hati-hati. Waktu adalah hal relevan yang tidak dapat diperbarui. Artinya, waktu terus berjalan dan tidak dapat kembali.

Selain sobat sudah dapat membagi waktu dengan baik, sobat akan mendalami materi yang akan disajikan dalam blog sobat. Dengan begitu, sobat sedang mendalami materi yang sobat senangi. Yang berarti, semakin pandai sobat dalam materi tersebut.

Contoh: sobat memiliki hobi fotografi. Sobat akan membuat blog tentang fotografi. Dengan begitu, secara tidak langsung sobat juga sedang belajar, dan mendalami fotografi yang akan menambah pengetahuan sobat.



9. Memperluas jaringan

Ketika sobat memiliki bisnis, tapi jaringan belum begitu besar, blog adalah jawabannya.

Kenapa?

Karena ketika sobat membuat blog tentang bisnis sobat, semua orang di seluruh dunia akan melihatnya. Mungkin, orang-orang akan tertarik dengan bisnis sobat.

Contoh; sobat memiliki bisnis produk rumahan. Sobat dapat memasarkannya di blog. Sehingga jaringan sobat akan semakin luas. Bahkan, apabila produk itu bagus, sobat dapat menjadikannya Go-Internasional.



10. Menghasilkan uang tambahan

Sudah bukan rahasia lagi, kalau ngeblog dapat menghasilkan uang. Jika sobat sudah bekerja, ini merupakan penghasilan tambahan untuk sobat. Blog yang dikelola dengan baik, dan ramai akan pengunjung dapat dipasangkan iklan, media promosi, atau bahkan sarana review. Banyak blogger yang telah sukses mendapat uang dari ngeblog. Mereka semua dapat mengantongi ribuan dolar hanya dari blog. Kok bisa, ya?



11. Belajar mandiri

Ketika sobat dapat mengelola blog dengan baik. Seiring berjalannya waktu, uang akan berdatangan pada sobat. Dengan begitu, sobat tidak harus menggantungkan kehidupan sobat pada orang lain.



12. Profil online

Dengan adanya blog sobat, orang akan lebih mengetahui tentang jati diri sobat. Mereka akan mengetahui tentang siapa diri sobat.



13. Mendapat pekerjaan yang lebih baik

Beberapa perusahaan besar merekrut karyawannya tidak hanya dari nilai pada ujiannya. Namun, mereka juga menilai dari kehidupan sehari-hari. Mereka mencari wawasan tentang calon karyawannya.

Seperti apakah kehidupan sehari-hari calon karyawannya? Seberapa profesionalkah calon karyawannya? Sehingga, perusahaan mampu menerima atau tidaknya sebagai karyawan. Atau bahkan, dapat menempatkan calon karyawannya di posisi yang tepat.



14. Membantu orang lain

Manfaat ngeblog juga bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan orang lain. Mungkin sobat berpikir, sobat membuat tulisan di blog adalah bukan hal penting. Tetapi, ketika orang lain membaca tulisan di blog sobat, dan mereka terbantu, mereka akan sangat berterima kasih kepada sobat. Padahal, sobat tidak membantunya secara langsung. Satu poin lagi, sobat dapat membantu sesama.




Kesimpulan:

Manfaat ngeblog tidak mengharuskan sobat menjadi seorang full-time blogger. Sobat dapat ngeblog di sela-sela waktu luang seperti saya. Beberapa manfaat ngeblog sudah saya tulis di atas. Mungkin, bisa menjadi bahan pertimbangan untuk sobat semua yang ingin memulai ngeblog.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Semoga sobat semua sukses!

Post a Comment