27 Sikap dan Mental yang Perlu Dipelajari Oleh Seorang Blogger

www.Pexels.com

Setiap kali terdapat seseorang yang mendengar kata blogger. Yang terdapat dalam benaknya adalah bekerja tanpa melakukan apapun, namun uang selalu datang.

Salah besar!

Pandangan seperti ini, membuat kebanyakan dari para blogger pemula ikut-ikutan, tanpa tahu seluk-beluknya terlebih dahulu. Ditambah, mereka tidak memiliki sikap dan mental yang diperlukan agar sukses menjadi blogger. Berikut 27 sikap dan mental yang perlu dipelajari oleh seorang blogger.



1. Disiplin

Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Semua tanggung jawab akan terselesaikan dengan sebuah kedisiplinan. Dengan disiplin, seseorang akan mampu mengatur waktunya dengan baik.

Begitu pentingnya penanaman sikap disiplin kepada seorang blogger.

Kenapa?

Mengingat seorang blogger adalah pekerja lepas, tanpa mempunyai atasan, atau bos yang mengawasi, yang akan memberi masukan ketika melakukan kesalahan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa sukses atau tidaknya sebuah blog, bergantung dari kedisiplinan seseorang yang mengelolanya.

Sudahkah sobat disiplin?

Ya. Kalau belum, mulailah dari sekarang. Karena, kapan lagi sobat akan memulainya? Sebelum tertinggal jauh dengan orang lain.



2. Menjadi diri sendiri atau percaya diri

Percaya diri berarti percaya dengan kemampuan yang ada pada diri sendiri. Semua orang mempunyai kepercayaan pada diri sendiri. Hanya saja, jarang yang mampu mengeluarkannya. Dengan percaya diri, seseorang akan mampu mengendalikan dirinya, tanpa harus mengandalkan orang lain.

Ketika sobat ingin meniru gaya orang lain, berarti secara perlahan sobat telah membunuh diri sobat sendiri. Mencontoh orang yang sukses lebih dahulu memang sangat diperlukan. Namun, bukan berarti meninggalkan jati diri sobat sendiri.

Setiap orang telah dianugerahi ciri-ciri yang berbeda. Bahkan, bayi kembar pun yang lahir pada jam sama pun, pasti akan memiliki perbedaan. Yang artinya, setiap orang memiliki ciri khas tersendiri.
Jadi, jangan takut untuk menjadi diri sendiri!



3. Peduli

Peduli merupakan suatu tindakan yang didasari pada keprihatinan terhadap masalah orang lain. Dengan alih-alih, melakukan sesuatu hal dalam rangka memberi inspirasi, perubahan, dan kebaikan bagi orang lain. Sehingga, peduli mampu membuat hubungan seseorang menjadi lebih baik dengan orang lain.

Ketika sobat peduli pada diri sendiri, berarti sobat menghargai diri sobat sendiri. Blogger sukses akan peduli pada kesehatan mereka. Karena semua orang sukses pasti sehat. Begitu juga dengan sobat, apakah sobat sudah peduli dengan diri sobat sendiri?

Peduli pada orang lain merupakan wujud penghargaan terhadap orang lain. Menghargai setiap usaha yang dikerjakan orang lain, baik itu besar maupun kecil. Jika ingin peduli pada orang lain, haruslah peduli terhadap diri sendiri terlebih dahulu.



4. Konsisten dan teratur

Dalam suatu pekerjaan, kita sering dituntut bertindak konsisten. Dengan bersikap konsisten, diyakini segala pekerjaan akan membuahkan hasil yang lebih maksimal. Namun, tahukah sobat apa arti sebenarnya dari 'konsisten'?

Konsisten adalah tetap dan mantap terhadap apa yang dilakukan secara berulang. Konsisten sangat baik diterapkan dalam ngeblog. Namun, tidak banyak orang yang bisa meng-aplikasi-kan sikap konsisten dalam ngeblog. Salah satu alasannya, karena sifat manusia yang mudah berubah-ubah.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang mudah untuk memicu sikap konsisten, antara lain:
⦁ Bersikap realistis;
⦁ Membangun tekad yang kuat;
⦁ Menyesuaikan tindakan dengan ucapan;
⦁ Menghilangkan pikiran negatif.



5. Pantang menyerah

Pantang menyerah adalah sikap yang tidak mudah patah semangat, tidak hilang harapan, dan selalu memegang teguh harapan tersebut. Seseorang yang pantang menyerah, akan menganggap hambatan sebagai hadiah kecil bagi mereka. Berbagai cara dilakukan agar seseorang mampu bertahan dengan hambatan yang ada.

Sikap pantang menyerah dalam ngeblog merupakan sinar terang keberhasilan sebuah blog di kemudian hari. Seorang blogger dituntut untuk menguasai sikap pantang menyerah, demi kemajuan blognya. 

Sikap pantang menyerah dapat sobat latih dengan:
⦁ Ngeblog dengan penuh keyakinan dan penuh semangat;
⦁ Ngeblog berdasarkan kemampuan, minat, dan bakat yang sobat miliki;
⦁ Ngeblog karena senang, bukan paksaan.

Jadi, sudah siapkah sobat untuk menjadi blogger pantang menyerah?



6. Ramah

Sebagian orang memang secara alamiah ada yang mudah bersikap ramah. Ini merupakan bagian, dari ciri kepribadian setiap orang. Namun, bagi sebagian orang, bersikap ramah perlu dipelajari dan dilatih.

Pepatah jawa mengatakan, " Wong ramah akeh balane".

Dalam ngeblog, setiap blogger dianjurkan untuk selalu bersikap ramah terhadap para pengunjung.

Kenapa?

Mengingat blogger tidaklah hidup sendirian, yang memerlukan pengunjung banyak demi kesuksesan sebuah blog.

Perlu sobat ingat!
Salah satu kebutuhan blogger yang penting dalam ngeblog adalah koneksi. Dengan adanya koneksi terhadap blogger lain, dapat memberikan kesan komunikasi terbuka, juga dapat membangun sikap saling menghormati kepada blogger lain. Dengan begitu, hubungan sesama blogger akan terjalin, sehingga dapat membuat blog menjadi mudah berkembang.



7. Optimis

Optimis merupakan keyakinanan untuk selalu berpandangan baik dalam menghadapi segala sesuatu. Untuk mengetahui optimis atau tidaknya seseorang, dapat diketahui dari cara berpikirnya terhadap peristiwa yang ada. Orang yang optimis akan berpikir dua kali dalam melakukan suatu hal. Terlebih, pada lebih banyaknya manfaat atau keburukan dari hal tersebut.

Menurut Profesor Hillary Bergsieker, Psychology Department Waterloo University, Canada, mengatakan bahwa kerusakan dalam berpikir dan bersikap dikarenakan 'racun' dan 'energi negatif' dalam pikiran kita. Pribadi yang sehat adalah amazing people, yakni pribadi yang menarik, disukai, dan bermanfaat bagi orang lain.

Sobat tidak perlu berpikir kecil, apakah sobat dapat menjadi blogger sukses ataukah tidak. Yang terpenting adalah jalani, nikmati, dan syukuri! Ketika sobat menjadi seorang blogger sukses, berarti itulah jalan rezeki sobat. Kalaupun sobat tidak menjadi blogger sukses, setidaknya sobat telah berusaha sekeras mungkin. Jangan patah semangat, karena tuhan selalu mengamati!
Artinya, selalulah berpikir positif, seakan sobat dapat meraih sesuatu hal yang sobat inginkan!

Perlu sobat ingat!
Hasil riset menunjukkan bahwa selalu berpikir positif dapat memicu mood dan inisiatif seseorang, memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik, juga lebih jarang mengalami depresi. Sehingga perhatian dapat terpusat, yang dapat berakibat pada pencapaian sesuatu hal.



8. Fokus

Fokus adalah pusat perhatian yang selalu tertuju pada salah satu hal dari tujuan yang akan dicapai. Orang yang fokus akan selalu memusatkan perhatiannya, sehingga akan sedikit berpotensi untuk lengah.

Semua blogger sukses selalu menerapkan fokus pada kesehariannya. Fokus dalam mengelola blog, fokus dalam bersosial, hingga fokus dalam berolahraga. Mereka fokus, karena mereka adalah profesional.

Perlu sobat ingat!
Ketidakmampuan untuk fokus sering disebabkan karena memikirkan dan bertindak pada hal-hal yang sepele dan kurang bermanfaat. Pribadi yang kehilangan fokus dalam hidup dan pekerjaan adalah pribadi yang kehilangan arah dalam berpikir.

Contoh:
Pada saat sobat harus menyelesaikan sebuah artikel dalam blog, sobatpun lupa pada target waktu dan standar pencapaian. Sobat lebih mementingkan bermain dengan teman, walaupun sebentar yang justru akan membuat akar dari tidak fokus. Entah, sebentar ataupun lama, jika menyelesaikan artikel adalah fokus dan prioritas sobat, maka selesaikanlah lebih dahulu.

Fokus memerlukan latihan yang teratur, seperti; konsistensi dalam cara berpikir, dan tegas dalam mengendalikan sikap. Jadi, latihlah fokus sobat sejak dini, dimulai dari hal-hal kecil yang bahkan terlihat sepele!



9. Bertanggung jawab

Bertanggung jawab adalah menanggung segala sesuatu, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Orang yang memiliki tanggung jawab akan mendapat kepercayaan dari orang lain. Apabila terjadi masalah, mereka tidak akan lari dari masalah tersebut. Melainkan, mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Sebagai seorang blogger sukses, mendapat uang yang banyak adalah hal wajib. Seiring bertambahnya derajat mereka, semakin besar pula tanggung jawab yang meski harus diselesaikan. Blogger sukses memiliki ribuan, bahkan puluhan ribu pengikut yang selalu menanti pola pikir mereka. Artinya, blogger sukses memiliki tanggung jawab untuk selalu membuat tulisan yang bermanfaat. Tidak hanya itu, tulisan yang dibuat pun harus bisa dipertanggung-jawabkan.



10. Tidak sombong

Sombong adalah menghargai diri secara berlebihan. Sombong akan menutup daya pikir, akal sehat, dan nalar terhadap hal positif dan menolak pembangunan hubungan antar manusia atas dasar keseimbangan, harmonisasi, dan manfaat bagi semua orang.

Bersikap sombong terhadap orang lain akan membuat adrenalin negatif menumpuk dalam pikiran. Sehingga, tubuh akan menghasilkan energi negatif yang cenderung kuat menolak hal-hal baik, sekalipun dari orang yang dianggap benar.

Kesombongan bisa terjadi karena sikap keakuan dan memandang dirinya lebih superior dan sukses dibanding orang lain.

Kenapa?

Karena orang yang seperti ini kurang memiliki sikap empati terhadap pemahaman, bahwa pada dasarnya setiap orang adalah subjek, bukanlah objek dalam ruang lingkup kehidupan.

Contoh:
Ketika sobat telah sukses menjadi blogger sukses, maka sobat akan menganggap bahwa prestasi tersebut semata-mata adalah kerja keras sobat sendiri. Salah!

Sobat dapat sukses, hal itu memang merupakan wujud kerja keras dari sobat. Namun, terdapat hal lain juga, yaitu berupa dorongan dan peran orang lain, seperti bantuan dari teman, motivasi dari sesama blogger, atau peranan berupa dorongan dari anggota keluarga.

Jadi, jangan sampai sobat tebarkan benih-benih kesombongan yang justru akan membuat sobat jatuh di kemudian hari!



11. Jujur dan tidak suka kebohongan

"Orang jujur tidak akan ajur, meski awal hancur, akhirnya akan mujur"

Jujur adalah mengakui, berkata, dan memberi suatu informasi sesuai dengan apa adanya tanpa menyembunyikan suatu kebenaran. Jujur merupakan dasar dan patokan sebuah kepercayaan akan diberikan. Sehingga, seseorang yang jujur akan lebih mudah untuk dipercaya oleh orang lain. Dengan adanya kepercayaan, semua hal diharapkan dapat terselesaikan dengan lancar.

Ketika sobat ingin menjadi blogger sukses yang benar-benar paham dunia internet, salah satu modal utama adalah kepercayaan. Dengan kepercayaan, para pengunjung akan memahami karakter dan ke-profesional-an dari sobat. Dengan begitu, ketika sobat akan membuat sebuah jaringan bisnis di internet, maka dapat dipastikan akan lebih mudah untuk berkembang.



12. Kreatif

Kreatif adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu dan cara baru dari sebelumnya. Sikap kreatif merupakan naluri yang ada sejak lahir. Namun, kreatif tidak dapat berkembang dengan sendirinya, melainkan perlu rangsangan dari diri sendiri dan lingkungannya.

Perubahan zaman yang semakin hari semakin maju, menuntut semua orang untuk selalu berpikir kreatif. Begitu juga dengan blogger, dituntut untuk selalu berpikir untuk mencari jalan keluar dari berbagai masalah. Berdasarkan pola pikir kreatif, seorang blogger akan mampu memberikan kontribusi, berupa ide dan gagasan yang dapat bermanfaat bagi orang lain.



13. Inovatif

Inovatif merupakan gagasan atau ide baru untuk memperbaiki suatu produk atau jasa dari sebelumnya. Inovatif dapat muncul ketika diasah dan dikembangkan secara terus menerus. Dengan adanya inovatif, akan menjadikan ide yang lama menjadi nilai yang lebih komersil.

Apakah penting bagi seorang blogger?

Tentu saja.

Maksudnya adalah sobat tidak perlu meniru jejak yang telah para blogger sukses lakukan. Kalaupun sobat melakukannya, -saya jamin- hasilnya pun tidak akan sama dengan mereka, bahkan bisa lebih buruk.

Kenapa?

Mereka telah lama memulai ngeblog, dan telah sukses ngeblog pada zamannya. Artinya, zaman yang semakin maju, yang berarti sudah berubah. Mungkin semua ilmu yang diajarkan oleh para blogger senior, dapat diterapkan pada zamannya. Namun, belum tentu sesuai untuk diterapkan pada zaman sekarang. Jadi, jangan takut untuk berbeda dari yang lain, karena sobat sendiri menanamkan sikap inovatif!



14. Profesional

Profesional adalah bersikap, bekerja, melakukan sesuatu hal secara bersemangat, berkarakter, dan tepat waktu yang mengandalkan keahlian, keterampilan, dan kemahiran. Tanpa bersikap profesional, seorang blogger tidak akan pernah bertahan lama, karena sikap inilah yang menghidupkan aktifitas yang ada dalam ngeblog.

Ketika sobat adalah seorang blogger paruh waktu, yang ingin menjadi seorang blogger sukses, sobat memerlukan sebuah kepandaian khusus untuk menjalankannya. Dengan kata lain, sobat perlu mendalami ilmu yang bersangkutan dengan profesi tersebut. Dengan begitu, cita-cita sobat menjadi seorang blogger sukses akan lebih mudah untuk dicapai.



15. Kerja keras

Kerja keras adalah melakukan sesuatu hal dengan sungguh-sungguh untuk mencapai sesuatu yang diimpikan dengan hasil yang maksimal. Pekerja keras tidak akan menuntut upah atas sesuatu hal yang dikerjakan. Dalam benaknya, bekerja adalah sebuah kewajiban yang harus diselesaikan terlebih dahulu, demi menjadi orang yang lebih maju.

Begitu juga, ketika sobat menjadi seorang blogger, belajarlah untuk membuat sebuah karya.

Maksudnya?

Jangan terlalu berharap atas upah yang didapat, melainkan membuat sebuah karya berupa tulisan yang bermanfaat adalah hal utama. Ketika para pengunjung mulai merasakan manfaat dari karya sobat, lambat laun upah akan datang dengan sendirinya.



16. Tidak egois

Egois merupakan sikap yang hanya mementingkan, mempertahankan, dan meningkatkan pandangan yang hanya menguntungkan diri sendiri. Egois berarti menempatkan diri pada satu tujuan, serta tidak peduli pada penderitaan orang lain. Egois sering juga dilakukan dengan memanfaatkan orang lain.

Tanda-tanda orang egois:
⦁ Selalu mengeluh tentang hal apapun;
⦁ Cenderung menyalahkan orang lain atas keadaan;
⦁ Terlalu takut keluar dari zona nyaman;
⦁ Sulit sabar dalam menunggu;
⦁ Sering menilai orang lain tanpa memerhatikan latar belakang;
⦁ Susah untuk bertoleransi.

Yakin, sobat sudah tidak egois?



17. Sabar

Sabar merupakan kemampuan untuk menahan diri dari berbagai kesenangan sesaat, demi mencapai target di masa depan yang lebih baik. Sabar juga dipandang sebagai sikap yang memiliki nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa seseorang. Semakin tinggi kesabaran seseorang, maka semakin kokoh juga dalam menghadapi sebuah masalah yang ada.

Untuk mencapai keberhasilan dalam ngeblog, maka kemampuan sikap sabar sangat diperlukan. Dengan sabar, sobat bisa mencapai tujuan dengan tepat dan aman. Dengan sabar, seakan sobat dapat menerapkan pola pikir "bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian". Artinya, dalam usaha sobat menjadi blogger sukses, sobat tidak bisa memaksa kehendak dengan cepat, yang justru akan membuat sobat bosan dan gagal dalam ngeblog.



18. Kemauan untuk lebih baik

Kesalahan terbesar manusia bagi kemajuannya terletak pada ketidakmauan manusia untuk berubah. Keluar dari zona kenyamanan merupakan perkara yang besar di dalam hidup seseorang. Sedangkan sukses sendiri merupakan sebuah tradisi berupa akibat yang diwariskan dari sebuah kebiasaan.



19. Pandai berkomunikasi

Pandai berkomunikasi merupakan kemampuan untuk mengorganisasikan buah pikiran kedalam bentuk ucapan yang jelas. Berkomunikasi yang baik diikuti dengan perilaku jujur. Berkomunikasi secara jujur dapat membantu seseorang dalam mengembangkan karir di masa depan. Dengan keterampilan berkomunikasi, seseorang dapat mencapai puncak karir dan meraih kursi yang menjadi idaman setiap orang.

Kehidupan para blogger sehari-hari selalu terlibat dengan memberi dan menerima informasi melalui komunikasi. Oleh sebab itu, pandai berkomunikasi di dalam dunia blogging sungguh sangat diperlukan. Dengan berkomunikasi, bukan tidak mungkin seorang blogger dapat memperoleh kesempatan emas, baik untuk menciptakan ide-ide, gagasan, maupun cara mengembangkan blognya.



20. Berusaha memberikan yang terbaik

Pada dasarnya hasil yang diterima seseorang akan sebanding dengan yang dikerjakannya. Seseorang yang selalu bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu hal, dengan kepercayaan, dan kerja keras akan menuai hasil yang lebih maksimal.

Para blogger sukses pun menerapkan hal yang sama. Fokus pada pekerjaan ngeblog, mengerjakannya dengan senang tanpa paksaan adalah kunci utamanya. Begitu juga, ketika sobat ingin menuai hasil yang maksimal, maka ada baiknya melakukannya dengan memberikan semua kemampuan sobat. Melakukan ngeblog dengan tekad bulat, dan mengerjakannya tanpa setengah-setengah.



21. Punya target

Tercapainya semua target adalah wujud dari sebuah kesuksesan. Untuk menjadi sukses, seseorang perlu menetapkan target yang jelas. Tetapkan target untuk karir, tetapkan target untuk pengembangan diri, dan tetapkan target untuk kehidupan pribadi.

Seorang blogger harus memiliki target, baik target jangka pendek maupun jangka panjang. Target akan menuntun sobat agar lebih terarah dan fokus. Sehingga, sobat akan merasa terdorong untuk selalu bergerak maju agar dapat mencapai tujuan sobat.



22. Bermimpi besar

Bermimpi merupakan sikap berpikir seseorang jauh kedepan, yang mungkin belum terpikirkan oleh orang lain. Dengan bermimpi, akan membantu seseorang untuk mengetahui apa yang ingin dicapai. Bermimpi akan memberikan tujuan, dan alasan seseorang untuk hidup.

Alasan pentingnya sobat harus mempunyai mimpi:
⦁ Agar mempunyai visi dalam hidup;
⦁ Dapat menghubungkan ke batin sobat;
⦁ Membuka jalan baru;
⦁ Membujuk sobat untuk keluar dari zona nyaman;
⦁ Meningkatkan harga diri;
⦁ Bertambah produktif.



23. Selalu bersyukur

Bersyukur merupakan sikap berupa wujud rasa berterima kasih terhadap suatu nikmat. Bersyukur dapat meningkatkan kesejahteraan hidup seseorang. Seseorang yang pandai akan bersyukur, dapat menjadi pribadi yang lebih optimis, dan mendapatkan kepuasan dalam hidup.

Menurut Profesor Robert Emmons, University of California, Davis, Amerika Serikat, mengatakan bahwa bersyukur dapat menjadikan seseorang lebih teratur berolahraga, lebih sedikit mengeluhkan gejala penyakit, dan membuat keseluruhan hidup seseorang menjadi lebih baik.

Dengan begitu, seorang blogger yang selalu bersyukur akan lebih memiliki pemikiran yang jernih, sehingga dapat menghasilkan karya-karya yang lebih bermanfaat. Sudahkah sobat bersyukur hari ini?



24. Selalu berhati-hati dalam melangkah

Begitu banyak kewajiban yang harus dilaksanakan, dan begitu banyaknya rintangan yang menghadang, menuntut setiap orang untuk menjalani kehidupan dengan lebih berhati-hati. Selalu berhati-hati akan membuat seseorang lebih mawas diri dalam menghadapi segala sesuatu. Selain itu, sebagai mediasi untuk seseorang agar lebih bisa memahami karakter negatif dari segala sifat buruk kepada orang lain.

Tanpa adanya sikap yang berhati-hati dalam melangkah, akan membuat seseorang terlena dalam keadaan nyaman, tanpa kekhawatiran, dan membuat seseorang rentan melakukan kesalahan.



25. Bersaing positif tanpa saling menjatuhkan

Persaingan merupakan upaya yang dilakukan masing-masing pihak untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja. Bersaing positif dapat memicu seseorang agar lebih berpikir kreatif,meningkatkan kualitas, dan membantu seseorang mengelola kesuksesan.

Perlu sobat ingat!
Bukankah seorang blogger sukses, merupakan manusia yang kreatif?



26. Suka bersedekah

Sedekah merupakan memberi kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah dapat membantu seseorang agar lebih tentram dan tenang hatinya.

Dengan begitu, seorang blogger yang memiliki sikap suka bersedekah, akan mampu menjadi blogger yang sesuai sasaran, dan pandai dalam memberikan manfaat kepada para pengunjungnya.

Sebagai seorang blogger, suka bersedekah harus menjadi pola hidup. Mengingat, bersedekah tidak harus dalam bentuk uang. Banyak cara yang bisa sobat lakukan untuk bersedekah. Bahkan, menulis artikel yang bermanfaat pun merupakan sebuah sedekah. Jadi, masihkah sobat pelit untuk bersedekah?



27. Mampu beradaptasi dengan cepat

Mampu beradaptasi merupakan mental seseorang untuk mengatasi tekanan dari lingkungan sekitar agar mampu bertahan hidup. Semua orang memiliki mental ini, hanya saja beberapa orang enggan untuk mengeluarkannya. Bagi seseorang yang tidak mampu beradaptasi, dapat mengganggu dan menghancurkan kehidupan yang lebih efektif. Sehingga, seseorang dapat sulit untuk maju dan berkembang.

Perkembangan zaman yang membuat teknologi informasi dan komunikasi semakin maju, menuntut seorang blogger agar mampu beradaptasi dengan cepat. Dengan adaptasi yang cepat, seorang blogger mampu bertahan dan bersaing dengan para blogger lain, dan tidak hanyut kedalam arus perkembangan zaman. Mengingat, tugas seorang blogger adalah memberikan informasi yang cepat dan akurat bagi para pembaca.



Kesimpulan:

Menjadi seorang blogger sukses yang mampu menghasilkan ribuan dolar dari internet bukanlah sebuah angan-angan belaka. Setiap orang dapat bermimpi, juga dapat meraihnya. Namun, sebagian orang mengatakan mereka telah gagal menggapai mimpi tersebut.

Padahal, mereka tidak gagal. Hanya saja, mereka tidak mau untuk bangun, dan memperbaiki kesalahan. Karena mereka tidak memiliki sikap dan mental baja. Jadi, jangan sampai sobat semua mengikuti jejak blogger gagal. Yang ada perbaiki sikap dan mental baja, agar mampu menjadi manusia yang kuat menghadapi rintangan.

Tidak ada orang yang gagal, yang ada berhenti berjuang.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Semoga sobat semua sukses!

2 comments

Point nomor 3, saya sangat setuju sekali. Tapi poin-poin yang lainnya juga mengena, menohok banget. Anda amat sangat benar. Dunia ngeblog tidak bisa dicapai secara instan. Terkadang saya juga jemu dan jenuh menanti, lalu berputus asa serta pesismis. Tapi membaca tulisan ini, saya sadar bahwa saya tidak sendirian. Terima kasih...

Reply

Iya mbak tetap semangat. mengingat kita sedang belajar hehe

Reply

Post a Comment