10 Langkah Agar Tetap Fokus dan Konsentrasi Ngeblog

www.job-like.com

Salah satu faktor penting yang diperlukan agar sukses mempelajari suatu hal adalah daya konsentrasi. Jika kita memiliki daya konsentrasi yang tinggi terhadap suatu hal, otomatis fokus untuk mengerjakan hal tersebut menjadi lebih tinggi. Sehingga, hasil pun dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan lebih baik.

Begitu juga dengan ngeblog yang membutuhkan daya konsentrasi tinggi. Dengan kita berkonsetrasi di saat ngeblog, dapat membuat hasil yang kita inginkan lebih memuaskan.

1. Buatlah aktivitas yang sobat lakukan menjadi sebuah kebiasaan

Jika sobat terbiasa melakukan ngeblog secara berulang-ulang, rutin, dan dalam jangka waktu yang lama; maka akurasi sobat dalam ngeblog pun akan lebih tinggi. Akibatnya, daya konsentrasi yang diperlukan tidak terlalu tinggi, hasilnya ngeblog tidak akan menjadi melelahkan bagi otak sobat. Seperti dalam pepatah inggris 'practice makes perfect'. Begitu juga dengan ngeblog yang dilakukan secara berulang-ulang dan dalam waktu yang lama akan membuat sobat mudah dalam berkonsentrasi.



2. Berlibur dan mencari suasana baru
www.Pixabay.com
Daya konsentrasi seseorang akan mudah larut apabila untuk mengerjakan berbagai macam hal dalam waktu yang lama. Ngeblog dalam waktu yang lama pun akan menjadi sebuah masalah dalam berpikir dan mencari ide. Otak akan seperti lelah, dan merasa tidak lagi bisa berpikir kritis. Oleh karena itu, berlibur atau mencari suasana baru sangat dianjurkan untuk menyegarkan pikiran kembali. Sobat bisa pergi ke luar kota, atau mencari tempat baru sekedar untuk berlibur. Sekembalinya dari liburan, daya konsentrasi dan mood ngeblog sobat akan berada pada titik tertinggi.



3. Terapkan pola hidup sehat

Pola hidup sehat akan memberi pikiran sehat pula. Sehingga akan mudah untuk berpikir kreatif. Selain itu, daya konsentrasi sangat erat kaitannya dengan aliran darah ke otak. Semakin lancar aliran darah ke otak, semakin mudah pula kita berkonsentrasi. Nah, untuk memperlancar aliran darah ini, diperlukan pola hidup yang sehat.

Pastikan untuk istirahat cukup, olahraga teratur, dan makan makanan yang bergizi. Hal ini sangat berguna dalam jangka panjang, dan bahkan hingga usia tua. Oleh karena itu, sangat penting sekali menerapkan pola hidup sehat dimulai dari sekarang.



4. Menulislah di ruang terbuka

Lakukanlah aktivitas ngeblog pada ruang yang terbuka. Selain memberi keleluasaan kita dalam melihat, ruang terbuka akan memberikan sesuatu hal yang berbeda. Cobalah untuk melakukannya di tempat yang sesuai. Ruang terbuka juga berguna pada tubuh, karena memberikan stimulus yang membuat konsentrasi menyatu kembali.



5. Meditasi
www.Pixabay.com
Salah satu latihan ringan yang dapat meningkatkan daya konsentrasi adalah dengan bermeditasi. Konsep meditasi bukanlah 'mengosongkan pikiran', melainkan 'memusatkan pikiran'. Jika sobat dapat melakukan meditasi dengan tepat, dan membuatnya menjadi seperti sebuah kebiasaan; maka sobat pun akan lebih mudah untuk berkonsentrasi.



6. Kerjakan satu hal hingga selesai

Jika ingin menyelesaikan satu hal dengan hasil yang maksimal, cobalah untuk mengerjakan satu hal dalam satu waktu hingga selesai. Misalnya, jika sobat sedang fokus membuat sebuah artikel, maka fokuskan pikiran sobat pada artikel tersebut. Ketika artikel tersebut telah jadi, sobat dapat memulai membuat artikel baru. Jangan membiasakan diri dengan mengerjakan multitasking, alias mengerjakan berbagai macam hal dalam satu waktu.

Kebiasaaan multitasking tersebut mengajarkan sobat untuk membagi konsentrasi ke dalam berbagai hal. Dengan membiasakan diri fokus pada satu hal dihadapan sobat, berbagai pengalih perhatian akan lebih mudah dihindari. Kita akan lebih mudah untuk berkonsentrasi, dan tentu saja hasil akhir pun akan lebih maksimal.



7. Fokus dalam sebuah pekerjaan
www.Flickr.com
Ada sebuah teknik yang disebut 'teknik laba-laba'. Perhatikan saja seekor laba-laba ketika membangun sarangnya. Jika kita meletakkan sumber bunyi-bunyian di sampingnya, laba-laba tersebut sama sekali tidak terpengaruh, dan akan tetap melanjutkan pekerjaan membangun sarangnya.
Kita dapat belajar dari tingkat kefokusan laba-laba. Fokus pada pekerjaan dan mengabaikan hal-hal kecil yang mengganggu, seperti orang yang lalu lalang, pintu yang terbuka, musik dari kejauhan dan lain sebagainya.



8. Melakukan aktivitas yang dapat memperlancar aliran darah ke otak

Darah merupakan kendaraan utama yang digunakan oksigen agar tersebar merata dalam tubuh. Oleh karena itu, cobalah lakukan aktivitas yang dapat memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Sehingga akan memudahkan kita dalam berkonsentrasi. Dalam rangka membantu mengalirkan darah dalam tubuh, sobat dapat bangun dan berjalan-jalan atau bahkan merubah posisi duduk.

Jika sobat terjebak dalam posisi kerja yang berada pada tempat-tempat kerja yang kecil, sobat dapat melakukan gerakan-gerakan kecil seperti senam jari, senam tangan, atau gerakan yang tidak terlalu menyita tempat.



9. Istirahat di sela-sela bekerja

Biasakan beristirahat ketika ngeblog. Jika sobat harus konsisten dalam waktu berjam-jam tanpa beristirahat, justru akan membuat kerja otak menjadi tidak fokus. Daya konsentrasi dan fokus pun bisa menurun dengan drastis. Oleh karena itu, jangan menforsir kinerja otak dengan tidak beristirahat.

Beristirahatlah setidaknya 3-5 menit setiap 60 menit ngeblog, demi maksud untuk menjaga vitalitas otak. Bisa dengan berjalan-jalan atau sekedar mendengarkan musik. Jika sobat perlu ngeblog dalam durasi waktu yang lama, jangan segan-segan untuk mengistirahatkan tubuh.



10. Sediakan waktu khusus untuk melamun

Salah satu hal yang paling rawan dalam mebuyarkan konsentrasi otak adalah dengan melamun. Lamunan bisa dengan mudah membuyarkan konsentrasi otak dan mood disaat kita ngeblog. Jangan salah, aktivitas seperti ini juga cukup memakan banyak waktu, bahkan bisa menimbulkan rasa malas untuk memulai ngeblog kembali.

Dengan menyediakan waktu khusus untuk melamun, misalkan setengah jam sebelum tidur; otak kita akan terbiasa mendapat waktu khusus untuk beristirahat. Akibatnya, saat harus fokus, kemungkinan untuk terbawa lamunan akan lebih kecil.



Berikut 10 langkah agar tetap fokus ngeblog. Semoga bermanfaat!

Post a Comment